Pempek Rasa Asli Palembang

BD_REVIEW_KULINER_[Pempek Rasa Asli Palembang] 1

Ros (43) penjual Pempek Palembang yang berada di Jl. Terogong 1, Jakarta Selatan berasal dari Kota Palembang yang dimana mayoritas penduduknya adalah memproduksi pempek. Dikarenakan dia berasal dari kota kelahiran pempek, maka cita rasa pempek buatan perempuan yang biasa dipanggil “Ibu Ros” ini terasa empuk dan renyah saat di kunyah ditambah dengan rasa kuah asem manis dan pedas.

Ibu Ros datang ke Jakarta pada tahun 1991 untuk mencoba mengadu nasib di Ibu Kota, “Pada waktu itu Ibu tinggal bersama kakak di daerah Bekasi karna masih single, jadi gapapa numpang sama kakak yang sudah berkeluarga,” ungkapnya. Setelah menikah pada tahun 2001 Ibu Ros pindah ke Terogong dan mulai membuka usaha pempeknya. “Awalnya sepi pelanggan Ibu, maklum lah baru buka, tapi sekarang Alhamdulillah pelanggan Ibu sudah lumayan banyak malah ada juga orang yang memesan pempek untuk acar keluarga atau acara rapat kantor,” tuturnya sambil tersenyum.

Pempek yang terasa gurih dan kenyal serta kuahnya dengan kombinasi rasa pedas, asem, manis, dan gurih ternyata dibuat dengan bahan alami seperti, terigu, ikan tenggiri, garam, dan sagu. Kuah yang terbuat dari gula merah, bawang putih, cabai merah, cuka, dan garam. Serta ditambah dengan “sambal ijo” yang terbuat dari cabai rawit hijau yang menambah rasa pedas pada kuah pempek yang terasa segar di mulut bagi Anda yang menyukai rasa pedas.

Warung Pempek Ibu Ros ini buka dari pukul 16-22. Padahal pempek baru saja selesai ditata oleh Ibu Ros tapi para pembeli sudah mulai berdatangan, itu membuktikan cita rasa yang khas yang di sajikan oleh Ibu Ros sangat berbeda dengan pempek yang lain. Ibu ros menyajikan pempek dengan berbagai  variasi, yaitu pempek kapal selam dengan isi satu telur ayam, pempek kecil dengan telur sesendok teh dan pempek panjang tanpa isi. Harganya pun bervariasi, mulai dari yang kecil haraganya 2500 rupiah sedangkan yang panjang 3000 rupiah dan yang kapal selam 5000 rupiah saja. Harga yang pas untuk kantong Anda untuk dapat merasakan Pempek Ibu Ros ini.

Penghasilan yang di dapat Ibu Ros perhari kurang lebih 200 ribu cukup untuk menambah penghasilan keluarga yang dimana sekarang Ibu Ros sudah dikaruniai seorang anak laki-laki berumur 4 tahun. Jika Anda menyukai makanan khas Palembang ini tinggal datangi saja “Warung Pempek Palembang Ibu Ros”, yang dijamin dapat membuat Anda ketagihan. (@sadamhu10104188) (Photo: @sadamhu10104188)

Posted on May 9, 2013, in Culinary, Review. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: