HARGA JENGKOL MELAMBUNG TINGGI

Setelah harga bawang yang naik hingga 55 ribu per Kg kini bahan pokok lainnya seperti jengkol mengalami kenaikan hingga 100 persen, Salah satu faktor mengapa harga jengkol melonjak cukup tinggi adalah kelangkaan barang yang disebabkan habis musim-nya.Harga jengkol di Kota Bogor, Jawa Barat, juga mengalami kenaikan seperti di daerah lainnya yakni menembus harga Rp60.000 per kilogramnya.
“Biasanya Rp20.000 per kilo gram, sekarang mahal sudah capai Rp60.000,” kata Eddy pedagang sayur keliling saat ditemui, Jumat.

Tingginya harga jengkol membuat Eddy tidak mampu membeli dan menjual untuk kelengkapan barang dagangannya. “Harganya terlalu mahal tidak sanggup beli saya,” kata Eddy.Eddy mengaku, mahalnya harga jengkol membuat ia kesulitan memenuhi keinginan para pelanggannya. “Masih banyak yang menanyakan sih, memang jengkol banyak yang beli setiap hari, kadang ada yang pesan untuk dua kilogram, tapi karena mahal saya nombok jadinya,” katanya. Menurut Eddy kenaikan harga jengkol terjadi sejak sepekan terakhir. Mahalnya harga jengkol membuat pedagang di pasar tidak banyak yang menjual penganan yang banyak diminati masyarakat tersebut.

Mahalnya harga jengkol berdampak pada usaha warung tegal (warteg) yang ada di Kota Bogor, salah satunya warteg di jalan Merdeka milik Komariah (25) selama beberapa hari ia terpaksa tidak menjual lauk jengkol. “Pernah saya jual, tapi harga tidak masuk akal, pembeli pada mengeluh jengkol mahal,” katanya. Komariah menyebutkan, jengkol tersebut biasa ia masak dengan cara di gulai dan di goreng sambal belado campuran ikan teri. Biasanya ia menjual satu porsi Rp3.000-Rp5.000.

Sementara itu, sebagian penikmat jengkol menyiasati mahalnya harga jengkol dengan berpuasa tidak memakan makanan yang menjadi salah satu khas masyarakar Indonesia. “Ya…kalau mahal mau diapain, paling tahan dulu makan jengkol sampai harganya turun,” kata Koestanto (45) warga Jalan Menteng.  Koestanto mengaku sangat menggemari jengkol. Ia biasanya membuat pindang jengkol seminggu dalam sebulan dengan jumlah mencapai satu kilogram.

Posted on June 7, 2013, in News. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: