Kisruh KJS Jokowi

BD_NEWS_[Kisruh KJS Jokowi] 1

Setelah sempat berjalan beberapa bulan program Kartu Jakarta Sehat (KJS) menuai kontroversi dan protes dari rumah sakit peserta program KJS. Mimpi warga Jakarta untuk mendapatkan pengobatan gratis dan layak kini mendapat hambatan. Hambatan tersebut terjadi karena terjadi kekisruhan soal pembayaran KJS Pemda DKI dengan para rumah sakit peserta program KJS.

Meskipun terjadi kekisruhan tersebut Jokowi tetap membagikan KJS tahap II sebanyak 1,7 juta kartu. Sebelumnya memang sudah banyak kritikan sebagai contoh beberapa waktu lalu ada pasien KJS yang meninggal karena tidak tertampung di rumah sakit. Kejadian itu menimpa Ana Mudrika (14) yang terlunta-lunta setelah ditolak empat rumah sakit.

Ana diduga keracunan makanan dan telat ditangani secara medis. Akhirnya dia meninggal, Sabtu 9/3. Sebelumnya ada kisah tragis bayi Dera Nur Anggraini, yang meninggal akibat tidak tertampung di rumah sakit karena ruang  intensif khusus bayi penuh. Tidak hanya ruang NICU yang penuh, ruang perawatan Intensive Care Unit (ICU) juga ikut penuh.

Dan masalah yang lagi hangat saat ini tentang soal pembayaran tarif KJS kepada rumah sakit anggota, sebanyak 32 anggota dewan akan mengajukan interpelasi terhadap Gubernur Jokowi. Interpelasi adalah hak tanya antara anggota dewan dan pihak gubernur.  Komisi E Bidang Kesehatan DPRD DKI Jakarta, meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menghitung kembali besaran tarif Indonesia Case Based Groups (INA CBGS).

Semoga kekisruhan yang terjadi cepat selesai dan mendapatkan solusi yang terbaik agar para warga Jakarta khususnya yang kurang mampu dapat mendapatkan pengobatan yang layak dan gratis dan semoga dalam kekisruhan ini tidak ada oknum-oknum yang mencoba mempolitisisasi masalah ini. (@ganjarbram)

Posted on May 31, 2013, in News. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: