Menapaki Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango

BD_TRAVEL_[Menapaki Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango] 2

Gunung Gede terletak tidak terlalu jauh dari kota Jakarta maupun kota Bandung, sekitar 2,5 jam perjalanan dan bisa ditempuh baik dengan kendaraan umum (Bus) maupun kendaraan pribadi. Umumnya para pengunjung masuk dari pintu Cibodas, walaupun sebenarnya Gunung Gede memiliki beberapa alternatif pintu masuk seperti Gunung Putri, dan Selabintana (Sukabumi).

Berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango, taman nasional ini terbentang di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi, dengan ketinggian 1.000 – 3.000 Meter di atas Permukaan laut. Suhu rata-rata di puncak gunung Gede 18 °C dan di malam hari suhu puncak berkisar 5 °C dengan musim pendakian terbaik sekitar bulan Juni s/d September.

Selain bentang alam yang memukau, keunikan lain taman nasional Gede – Pangrango ialah kekayaan ekosistemnya. Dipenuhi oleh keanekaragaman tumbuhan langka & endemik, taman nasional ini juga dihuni oleh satwa langka yang sangat dilindungi seperti Owa & Elang Jawa, sehingga tak jarang para peneliti dunia datang ke tempat ini untuk melakukan penelitian.

Beberapa objek wisata yang dapat anda lihat selama pendakian ke puncak gunung Gede antara lain:

BD_TRAVEL_[Menapaki Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango] 4

Telaga Biru

Sebuah danau kecil di ketinggian 1.575 mdpl atau sekitar 1,5 km dari pintu masuk Cibodas, danau ini tampak berwarna biru diterpa sinar matahari dan terlihat indah dikelilingi oleh hutan yang rimbun. Apabila sedang beruntung, Anda bisa melihat kura-kura penghuni danau ini sedang berjemur di pagi hari.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Air terjun Cibeureum

Air terjun dengan ketinggian sekitar 50 meter terletak sekitar 2,8 km dari Cibodas dengan air yang dingin dan jernih serta udara yang segar. Di sekitar air terjun tersebut dapat melihat sejenis lumut merah yang merupakan salah satu dari banyak tumbuhan endemik yang terdapat di Taman Nasional Gede Pangrango.

Kandang Batu dan Kandang Badak

Berupakan shelter dimana para pendaki bisa mendirikan tenda untuk menginap baik sebelum ataupun setelah melakukan pendakian ke puncak gunung Gede. Tempat ini juga sering digunakan sebagai titik pengamatan satwa. Berada pada ketinggian 2.220 m.dpl atau sekitar 3,5 jam perjalanan dari Cibodas.

BD_TRAVEL_[Menapaki Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango] 1

Puncak dan Kawah Gunung Gede

Melihat sunset / sunrise, mengamati hewan liar, melihat keindahan kawah dan tentunya menikmati pencapaian anda berdiri di puncak gunung setelah melakukan pendakian yang melelahkan. Terdapat beberapa kawah aktif yaitu kawah Lanang, Ratu dan Wadon. Berada pada ketinggian 2.958 m.dpl dengan waktu 5 jam pendakian dari Cibodas. (@Kebo_Bertopeng)

Posted on May 21, 2013, in Travel. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: