Mahasiswa dan Bisnis Online

BD_PROFILE_[Mahasiswa Dan Bisnis Online] 1

Kali ini saya akan menampilkan rubrik profil seorang mahasiswa yang memiliki bisnis online, yaitu Kodrat Hakiki yang biasa dipanggil Kodrat. Kodrat adalah teman saya saat di SMAN 108 Jakarta Selatan. Walau berbeda kampus kami kadang masih suka nongkrong bareng bersama teman-teman saat di SMA. Dan saat ini kodrat kuliah di STMIK Jakarta. Saya menampilkan profil Kodrat dan bisnis online-nya karena dia awal penggerak teman-teman yang memiliki bisnis online dan bertahan sampai saat ini.

Selain sebagai mahasiswa Kodrat juga merangkap sebagai guru honorer mengajar komputer di SMP Yadika, Joglo, Jakarta Barat. Saya menemui kodrat di tempat dia mengajar dan setelah dia mengajar kami bertemu di ruangannya. Kami mengobrol sebentar karena kebetulan kami juga sudah agak lama tidak bertemu. Setelah mengobrol, saya mulai mewawancarai Kodrat tentang bisnis onlinenya. Berikut ini wawancara saya dengan Kodrat:

Semenjak kapan lo mulai menggeluti bisnis online?

-Semenjak kuliah pertengahan semester 1, awalnya waktu lulus sma gue coba iseng-iseng ngejual jaket disalah satu jejaring sosial. Dan engga lama ternyata laku dengan harga yang gue harapkan, awalnya sih engga kepikiran sih untuk ngejual barang lagi karena engga tau apa yg harus gue jual lagi.

Lalu bagaimana kelanjutan lo setelah itu?

-Tadinya sih ga ada niat untuk jualan lagi dan setelah dipikir-pikir gue mau nyoba lagi dan gue nyoba nyari barang-barang clothing yang bagus tapi murah. Nah, setelah itu gue dapet barang dan coba gue upload di jejaring sosial dan ga nyangka ga lama barang tersebut laku. Nah dari situlah gue mencari suplier yg menyediakan barang bagus dengan harga murah.

Modal awal buat bisnis online lo berapa?

-Awal modal sih gak seberapa, awalnya dari ngumpulin hasil jualan coba-coba pertama ya sekitar 300 ribuan.

Oh iya, lo fokus jualan apa di bisnis online lo yang sekarang?

-Karena gue suka musik hip-hop dan gue sering nongkrong sama komunitas-komunitas anak hip-hop, nah gue berpikir kenapa gak gue coba untuk jualan-jualan baju hip-hop dan asesoris hip-hop karena untuk asesoris hip-hop emang susah dicari.  Setelah itu gue coba nyari-nyari barang-barang hip-hop gue browsing di internet dan gue dapet kenalan suplier dari daerah yg berbeda seperti, baju, sepatu, bling-bling, snapback, jersey baseball, bandana, dll.

Nah dari semenjak itu gue mulai belanja sedikit demi sedikit barang tersebut dan gue mulai upload di jejaring sosial, trus gue mulai memperdalam tentang jualan online dengan membaca buku dan browsing-browsing di internet dan sejak itu gue mulai bikin blog untuk jualan dan upload di forum jual beli lain, misalnya kaskus, toko bagus, berniaga, buka lapak, forum jual-beli indonesia, dll. Dan sekarang gue juga udah punya web sendiri buat jualan online gue (www.realhiphopshop.com).

Apa yang lo dapatkan dari hasil bisnis jualan online lo?

-Yang gue dapetin ya cukup buat gue jajan sehari-hari aja dan gue tabungin sisanya buat beli barang yang ingin gue punya seperti handphone, laptop, PC, sama kamera. Kalo di itung-itung sih lumayan juga hehehe.

Suka duka apa yang lo dapetin dari bisnis online lo ini?

-Seperti bisnis-bisnis pada umumnya ya ada pasang surut kadang sepi kadang banyak orderan kurang lebih seperti itu suka dukanya. Dan gue juga pernah ketipu sama customer gue barang gue kirim tapi uang gak di transfer. Selebihnya sih alhamdulillah baik-baik aja dan lancar-lancar aja sampe sekarang.

Harapan lo ke depannya buat bisnis lo apa nih?

-Ya harapan pasti banyak lah yang ini yang itu dan untuk jualan gue sih yg paling gue harepin pengen punya toko sendiri ke depannya biar bisa untuk nongkrong dan memperbanyak teman dan pelanggan.

Pesan lo apa nih buat anak muda yg mau mulai bisnis online?

-Untuk awal-awal sih kita harus sabar aja karena untuk bisnis online untuk sekarang-sekarang ini harus pintar membuat customer percaya dengan produk ysng kita jual karena sekarang ini banyak penipuan jualan online sehingga calon pelanggan takut untuk belanja online. Dan harus banyak belajar lagi memperdalam jualan online tersebut dan yang paling penting adalah target jualan atau target market lo harus tepat sasaran siapa yang lo tuju. Dan satu lagi nih jangan takut gagal untuk memulai sesuatu, lo anak muda jangan takut gagal.

Tak terasa wawancara kami pun selesai dan Kodrat juga harus kembali mengajar. Mudah-mudahan wawancara tersebut dapat memberi manfaat kepada para pemuda yang ingin memulai bisnis online. Satu kata yang perlu diingat dari kutipan wawancara diatas “Anak Muda Jangan Takut Gagal”. (@ganjarbram) (Photo: @ganjarbram)

Posted on May 9, 2013, in Profile. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

