Mie Tarik Keprok

BD_REVIEW_KULINER_[MIE TARIK KEPROK] 1

Mie tarik masih menjadi menu cukup eksklusif  di Indonesia. Hidangan ini biasanya menjadi menu istimewa yang dihadirkan di restoran mahal, terutama Chinese restaurant. Tapi kini ada gerai Mie Tarik Keprok yang menyajikan menu ini dengan harga terjangkau, namun tak kalah lezat. Cobain, yuuuuk?

Adalah Abdul Aziz (27) yang berhasil menghadirkan menu kondang di Cina ini ke level yang lebih bersahabat. Aziz menawarkan dengan harga 9 ribu – 19 ribu saja per porsi. “Murah, enak, dan menyenangkan dengan lingkungan yang pas untuk nongkrong,” promosinya.

Mie tarik dibuat tanpa mesin pembuat mie. Teksturnya yang memanjang dan lembut justru dibuat melalui tarikan tangan. Atraksi menarik mie ini menjadi bonus pemandangan sembari menunggu mie dihidangkan,  saat dicoba mie meluncur mulus di tengorokan. Teksturnya lembut sekali dan sedikit kenyal. “Mie tarik dibuat secara manual hanya dengan tangan,” imbuhnya.

Jenis yang ditawarkan ada dua. Mie tarik bulat dan mie tarik gepeng yang bentuknya pipih dan lebar. Sementara untuk mie panjangnya ada beberapa pilihan menu yang patut dicoba.

Mie tarik gepeng memadukan mi gepeng yang dimasak dengan bawang bombay, daun bawang, tomat, sawi hijau, bakso, dan daging ayam. Meskipun bernama goreng, tapi menu ini disajikan sedikit berkuah yang menebarkan cita rasa manis dan gurih.

Sementara mie tarik kuah gepeng tentu saja hadir bersama kuah kaldu sapi melimpah, harum, dan gurih. Soal isinya, tak jauh berbeda dengan mie tarik goreng gejig. Mie tarik goreng gejig adalah mie tarik goreng dengan bentuk mie yang pipih seperti kwetiau.

Sedangkan unuk mie bulat, pilihannya tak kalah menarik. Misalnya mie tarik goreng  tempong, mie tarik ayam, dan mie tarik ayam bakso. Dari namanya, mie tarik gepeng tempong terdengar paling unik. Rupanya istilah tempong bersal dari Bahasa Betawi yang berarti bolak-balik.

Kios mie tarik keprok ini berada di Pondok Labu. Tepatnya di Kios Taman Pondok Labu. Suasana pas untuk kita “nongkrong” atau hangout bersama pacar. Dengan harga yang terjangkau dan tempat yang nyaman membuat Anda penasaran untuk mencoba keunikan rasa dari mie tarik keprok. (@sadamhu10104188) (Photo: @sadamhu10104188)

Posted on May 1, 2013, in Culinary, Review. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: