Nomor Punggung 20 Mengenai Piala AFF

BD_PROFILE_[BAMBANG PAMUNGKAS]

Seiring dengan bertambahnya usia, bisa dibilang piala AFF 2013 adalah kesempatan potensial Anda yg terakhir untuk mempersembahkan gelar bagi Indonesia.. Punya target atau motifasi khusus soal itu?

Saya sangat bersyukur karena di tengah perombakan besar-besaran yang dilakukan timnas Indonesia, saya masih di percaya untuk memakai seragam kebesaran merah-putih. Saya tidak dapat memungkiri jika mungkin ini adalah kesempatan terakhir saya untuk mempersembahkan sesuatu untuk persepakbolaan Indonesia. Bagi saya target tim adalah yang paling utama, sedangkan target pribadi menyusul tepat dibelakangnya. Jadi yg terpenting saat ini adalah, bagaimana saya dapat menjalankan dengan baik tugas yg di berikan pelatih dan membawa tim ini meraih prestasi yg maksimal. Prestasi timnas saat ini mungkin membuat banyak kalangan pesimis. Akan tetapi secara pribadi saya akan terus berusaha memberikan kemampuan terbaik saya, “Karena dengan berhenti berusaha, maka kita tidak lebih baik dari seorang pengecut”.

Sebagai salah satu kandidat kapten di tim merah-putih, bagaimana Anda melihat kesiapan tim menjelang bergulirnya piala AFF? Apakah Anda merasa tim yang ada saat ini cukup kompetitif untuk meraih gelar?

Sejujurnya tim ini memang tergolong baru, mengingat banyak sekali pemain muda yg di panggil untuk AFF kali ini. Dari segi pengalaman bermain di level internasional, mungkin mereka masih sangat minim, akan tetapi dari segi motifasi tentu mereka sedikit lebih dari punggawa-punggawa yg sudah lama. Dalam setiap latihan, saya melihat mereka sangat termotifasi untuk membuktikan, jika mereka memang layak bermain untuk merah-putih. Dan itu adalah sebuah pertanda awal yg sangat positif menurut saya.

Bagaimana pendapat Anda tentang peta persaingan di group A? Apa informasi yang Anda ketahui tentang kekuatan Thailand dan Malaysia? (Mungkin dari pengalaman Anda bermain di timnas senior atau saat Anda berkarir di Malaysia)

Thailand akan selalu menjadi lawan yg sulit bagi Indonesia, boleh di bilang mereka adalah tim terbaik di kawasan ini. Akan tetapi saya optimis, dengan bemain di Jakarta dan tentunya dengan dukungan suporter kita yg fanatik, kita akan mampu membuat perhitungan dengan mereka. Sedangkan Malaysia sendiri, dalam kurun 10 tahun terakhir kita memang lebih banyak memenangkan pertandingan. Akan tetapi dengan prestasi terakhir mereka yg berhasil menjuarai sea games, itu artinya mereka juga mempunyai sebuah tim yg cukup kuat. Sedangkan Laos sendiri juga tidak dapat di pandang sebelah mata, karena persepakbolaan mereka juga cukup berkembang akhir-akhir ini. Saya rasa group ini akan sangat ketat.

Skuad tim nasional yang di persiapkan ke piala AFF 2013 diisi beberapa muka baru dan muda. Sebagai salah satu pemain senior, apakah Anda merasa kehadiran pemain-pemain tersebut mampu memberika tambahan kekuatan untuk timnas?

Seperti yg saya katakan diatas tadi, jika para pemain muda ini sangat termotifasi dalam menyongsong AFF kali ini. Disamping itu tentu dengan banyaknya pemain baru, tentu akan membuat lawan sedikit sulit untuk meraba kekuatan kita. Jadi saya sependapat jika saat ini kita mempunyai sebuah kekuatan yg baru.

Selain pemain muda , timnas juga kedatangan pemain naturalisasi seperti Christian Gonzalez. Seberapa penting menurut Anda kehadiran pemain naturalisasi di timnas? Apakah Anda merasa posisi Anda terancam?

Mengenai Christian Gonzales tentu kita semua sudah tau kualitas dia sebagai seorang bomber, jumlah gol yg dia torehkan selama ini cukup mendiskripsikan siapa itu “Crisgo”. Akan selalu menjadi hal yg bagus bagi tim, jika kita mempunyai banyak pilihan di lini depan. Masalah nantinya akan berada di pelatih kepala, karena mungkin akan sedikit sulit bagi Riedl dalam menentukan pilihan. Dan ketika seorang pelatih telah mengambil keputusan, maka setiap pemain harus menghormatinya, karena memang begitulah cara kerja orang-orang profesional. Secara pribadi saya siap bersaing dengan siapapun, tidak ada masalah dengan hal tersebut hehehe…

Beberapa pihak menilai jika penampilan Anda telah menurun. Apakah Anda setuju dengan pendapat tersebut? Bagaimana tanggapan Anda?

Setiap orang memiliki pandangan yg berbeda dalam menilai seorang pemain maupun sebuah pertandingan sepakbola. Sejujurnya dalam beberapa hal, saya setuju dengan pendapat mereka, 6 bulan terakhir memang tidak begitu berjalan baik bagi saya. Terkadang kenyataan memang tidak seindah yg kita bayangkan, akan tetapi dengan mencetak 5 gol dalam 7 pertandingan awal musim ini, tentu itu merupakan modal positif bagi saya, dan itu membuat saya merasa baik-baik saja.

BD sendiri menilai jika Anda termasuk salah satu dari sedikit pemain smart dan memiliki visi yang cukup baik di Indonesia. Apa tanggapan Anda?

[Tertawa] sedikit agak berlebihan menurut saya, akan tetapi terima kasih untuk penilaian anda. (@ganjarbram) (Photo: @ganjarbram)

Posted on April 30, 2013, in Profile. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

